twitter


Apa cy Linux itu???? (Lha kQ malah tanya???^^)


Linux adalah :

* System Operasi…Sebuah software yang menjembatani komunikasi antara lapis aplikasi dengan hardware pada sebuah komputer....
* Unix Clone… Kloning dari Unix.. Hampir semua fitur di system Unix ada di Linux.

Linux Dibuat oleh Linus Torvalds dari Finlandia. Idenya adalah menciptakan sebuah system operasi yang free yang mempunyai kemampuan seperti Unix, dan kompatibel dengan PC.

Sekarang ini Linux mengisi tugas disejumlah fungsi komputer seperti, Server File, Mail Server, Web Server, Streaming Server, Proxy Server, Clustering, Render, Animasi, Database Server, Firewall dsb.

Kemampuan Linux Linux mempunyai kemampuan setara dengan Unix dan system Unix clone lainnya. Antara lain : 1. Multi Thread 2. Multi User 3. Multi Processing 4. Manajemen Memory Yang Bagus 5. Sekuritas System Yang Tangguh 6. File System Yang Stabil 7. Ketersediaan Kode Sumber 8. Komunitas Yang Bersahabat dan Terbuka

Multi Thread. Linux mampu menangani Thread dari berbagai proses yang ditimbulkan dari servis (aplikasi berjalan) atau dari perintah user. Hal Ini dimungkinkan karena pengalokasian memori yang mantap.

Multi User. Artinya dalam satu waktu, dalam sebuah mesin Linux bisa terdapat lebih dari satu orang User.

Multi Processing. Dikarenakan adanya multi thread dan multi user maka pastilah dalam sebuah komputer linux bisa terjadi berbagai macam proses yang diantri berdasarkan Interrupt Request Time dari setiap user yang berbeda juga menghasil kan thread berbeda. Sebagai contoh, dalam sebuah mesin Linux bisa terjadi proses kompilasi kernel dan sekalian yang meng-kompilasi have fun dengan musik mp3-nya.

Manajemen Memori. Linux menggunakan system memori yang berbeda dengan system lain. Selain mengalokasikan Swap Memori secara fisik dan langsung, Linux akan memberikan memori sekitar 60 persen untuk request pertama dan membagi sisanya untuk request selanjutnya. Jadi kejadian hang di Windows akan sangat jarang (bisa dibilang langka) di system linux.

Sekuritas System. Di linux semua hal adalah file, baik itu berkas, device, dsb. Dan setiap file di-embedded dengan yang namanya “Permission”. Hal ini berhubungan dengan hak akses, user,password dan group dari si-empunya file. Selain itu, walaupun menggunakan disket boot Linux, Anda tidak akan bisa menerobos masuk tanpa menjadi salah satu User sah di system tersebut. System password dan otentifikasi yang berlapis menjadi andalan system ini. Hanya user “root” yang bisa melakukan segala hal, yang lain tidak ada hak kecuali di batasan Home sendiri.

File System Yang Stabil. Linux Mempunyai file system Ext2. File system jenis inilah yang menjadi file system standar linux. Beberapa Distro kecil menggunakan ini sampai sekarang. Selain itu ada yang namanya Ext3, ReiserFS,Minix dst. Untuk jelasnya Anda bisa melihat di halaman manual mount.

Ketersediaan Kode Sumber. Hampir setiap distribusi Linux menyediakan kode sumber. Isinya tergantung berapa pembuat software yang mem-bundel aplikasi mereka beserta kode sumbernya.Tapi jelas ini akan sangat membantu terutama bagi programmer dan developer yang ingin belajar atau pun mengembangkan bakat dan kemampuan mereka. Juga berguna saat menemukan aplikasi yang berkelakuan aneh lalu memperbaikinya sendiri.

Komunitas Yang Bersahabat Dan Terbuka. Aturan pertama saat menjalani masa-masa awal bersama Linux adalah sedapat dan sebanyak mungkin mempunyai kenalan yang sudah diatas kita kemampuannya. Dan di Linux ini sangat banyak, beragam dan tentu saja gratis.Anda bisa bergabung ke milis atau browsing ke situs-situs yang menyediakan tutorial gratis tentang Linux. Dan bisa join di web site mereka di Linux.or.id. Untuk web yang menawarkan tutorial Anda bisa ke :

Ilmu Komputer ( ilmukomputer.com ) Linux Focus International Free Linux Magazine ( linuxfocus.org ) Situs-nya Sony – Ak ( Sony-ak.com ) About Linux ( linux.about.com )

Atau coba aja gunakan om Google untuk itu, pake keyword “Linux Free Tutorial”.

Distribusi Linux. Yang dimaksud dengan distribusi atau distro adalah pengelompokkan aplikasi aplikasi beserta Linux sendiri kedalam sebuah paket besar (bundel) dengan aturan instalasi dan tools yang berbeda satu sama lain.Beberapa distro yang terkenal dan digunakan di Indonesia adalah sbb:

1. Red Hat 2. Mandrake 3. Slackware 4. Calderra 5.Open Linux SuSE 6. Debian

Diatas adalah distro yang perlu diinstalasi dulu ke hardisk Anda. Ada juga turunan dari distro-distro di atas, seperti Ubuntu, LinuxMint, Centos dll. Selain itu ada beberapa distro, yang bisa dijalankan Live From CD disebut Live Distro. Artinya melalui booting CDROM Anda dapat menggunakan Linux langsung tanpa hardisk yang dikhususkan untuk itu. Tetapi biasanya tetap butuh swap file yang di point ke spasi hardisk tertentu. Contohnya adalah :

1. Slax 2. Knoppix 3. Gnoppix 4. SuSE Live

Selain Live CD, ada juga live USB. Sebenarnya Live USB ini lebih simple dan familiar dalam pembuatan nya. Live USB biasa digunakan pada PC/Notebook yang tidak mempunyai fasilitas CD Room (Netbook).

Untuk tutorial pembuatan Live USB, akan saya post segera di blog ini..^^

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa d'comment iia.. :)